TIPS MENGHAFAL AL-QURAN “Menuju Sukses Dunia dan Akhirat”

20 Mei 2023 08:01 Di tulis oleh Admin ARTIKEL TIPS MENGHAFAL AL-QURAN “Menuju Sukses Dunia dan Akhirat”

Ditulis Oleh: Siti Muna

Salah satu amalan yang mempunyai pahala yang besar sekaligus bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan ialah menghafal Al-Quran. Seperti yang kita ketahui, sebagai ummat muslim yang bertakwa dan beriman kepada Allah SWT tentunya memiliki kecintaan dan rasa iman juga kepada kitab yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu kitab suci Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab terakhir yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Al-Quran pun disebutkan sebagai kitab penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya yang Allah SWT turunkan.

Al-Quran, menjadi pedoman hidup ummat manusia selama dimuka bumi. Didalamnya terdapat berbagai penjelasan mulai dari sebelum manusia dilahirkan, perjalanan manusia di muka bumi, hingga kehidupan manusia setelah wafat. Al-Quran pun menjadi bukti sejarah bahwa begitu besar Kuasa Allah SWT. Disana Allah SWT menjelaskan berbagai macam fenomena yang menunjukan kebesaran Allah SWT.

Selain menjadi pedoman hidup, kita sebagai ummat muslim yang taat kepada Allah SWT, sudah barang tentu perlu mengamalkan seluruh isi kandungan Al-Quran. Selain mengamalkan, menghafal Al Quran pun bisa dilakukan oleh Uummat muslim. Namun, menghafal Al-Quran merupakan kegiatan yang banyak sekali tantangan dan rintangannya. Berikut kami rangkum beberapa tips dalam menghafal Al-Quran :

1.               Meluruskan Niat Sebelum Menghafal Al-Quran

Sebelum memulai menghafal Al- Quran, alangkah lebih baik jika meluruskan niat. Niat karena Allah SWT ketika akan menghafal Al-Quran, karena dengan niat karena Allah SWT, insya Allah seluruh proses menghafal Al-Quran akan Allah SWT beri kemudahan.

2.             Memperbaiki Bacaan Terlebih Dahulu

Memperbaiki bacaan Al-Quran pun harus dilakukan sebelum kita memulai menghafal Al-Quran, bagaimana tidak, dengan bacaan yang benar tentu kita akan lebih mudah menghafal Al-Quran, dan tentunya tidak akan ada kesalahan pada terjemahan Al-Qurannya.

3.             Memasang Target Hafalan Al-Quran

Tentunya dalam menghafal Al-Quran kita perlu memasang target hafalan, agar kita mempunyai tujuan target menghafal, misalnya dalam 1 hari kita targetkan mampu menghafal 1 lembar Al-Quran, lakukan pemasangan target ini secara berkala (istiqomah).

4.             Sering Melakukan Murojaah

Selain memasang target pada hafalan Al-Quran yang paling penting adalah sering melakukan murojaah pada hafalan yang sudah kita miliki, melakukan murojaah dapat dilakukan setiap harinya, dan tentunya dengan keistiqomahan dalam melakukan murojaah.

5.             Menyetorkan Hafalan Kepada Guru

Menghafal Al-Quran memang bisa dilakukan secara sendiri, namun alangkah lebih baiknya jika kita memiliki Guru yang dapat dijadikan sebagai mentor. Guru disini bisa menjadi mentor, motivator, dan yang akan melakukan koreksi kepada kita ketika kita melakukan setoran hafalan, sehingga kita akan terus melakukan perbaikan-perbaikan jika ada kesalahan pada saat kita menghafal Al-Quran.

 

6.             Sering Mendengarkan Murotal

Sering mendengarkan murotal bisa dijadikan sebagai salah satu proses dalam menghafal Al-Quran. Mendengarkan murotal sambil murojaah akan lebih mudah dalam menghafal Al-Quran

7.             Memperbanyak Istigfar

Memperbanyak istigfar pun penting dilakukan oleh para penghafal Al-Quran. Mengapa ? Al-Quran itu suci, setiap bacaannya mulia, Al-Quran hanya akan masuk pada hati ummat manusia yang bersih, sehingga dengan beristigfar insya Allah, Allah SWT akan menghapus dosa-dosa kita dan mempermudah jalan kita dalam menghafal Al-Quran.

8.             Istiqomah

Istiqomah, adalah kunci terbesar dalam menghafal Al-Quran, jika dari awal niat kita sudah yakin ingin menghafal Al-Quran, maka lakukan seluruh proses dengan istiqomah dan tentunya bertawakal dan berpasrah hanya kepada Allah SWT.